Kamis, 02 Mei 2013

Seruling Laut di Pantai Klayar Kabupaten Pacitan


Seruling laut di pantai klayar
Semua orang tentu sudah tahu dengan kabupaten yang satu ini., Sebuah kabupaten yang terletak di wilayah paling barat dan selatan dari wilayah provinsi Jawa Timur ini, telah melahirkan seseorang yang besar yang saat ini menjabat sebagai presiden di republi ini, Susilo Bambang Yudoyono. Yaa, kabupaten ini adalah kabupaten Pacitan. Jika kalian pernah kesini, kalian akan tahu bahwa hampir sebagian besar wilayah ini ditutupi oleh gunung dan bukit.
Kabutapen Pacitan memang banyak wilayah yang bergunung dan berbukit, sehingga kondisi ekonomi disini tak sebagus dengan kabupaten-kabupaten di daerah Jawa Timur lainnya, namun Pacitan memiliki potensi wisata yang luar biasa, terutama wisata alam. Hingga saking luar biasanya, Pacitan dijuluki sebagai kota seribu goa karena memiliki banyak goa. Salah satu diantara yang terkenal adalah goa gong. Goa gong adalah sebuah goa yang jika batuan-batuannya di pukul, akan menghasilkan bunyi seperti bunyi gong, itulah kenapa disebut goa gong.

Tidak hanya goa, kabupaten ini juga kaya akan pantai. Satu yang terkenal adalah pantai klayar. Pantai klayar adalah pantai disebelah barat kota Pacitan yang berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Pacitan. Cukup jauh memang, dan untuk dapat mencapai lokasi inipun, kita harus membawa kendaraan sendiri, entah itu motor atau kendaraan lain karena tidak ada angkutan umum yang menuju kesini. Selain itu kita juga harus bersabar untuk bisa mencapai lokasi ini karena kondisi jalan yang naik turun dan agak rusak sehingga membuat laju kendaraan kita tidak bisa cepat. Adakah yang istimewa dari pantai ini??
Pantai ini tak setiap hari ramai, hanya hari-hari tertentu saja seperti hari libur mengingat lokasinya yang agak jauh dari pusat kota. Tapi jika kalian kesini, kalian tentu tidak akan menyesal. Satu yang istimewa disini adalah seruling lautnya. Apa itu?? Seruling laut adalah sebutan untuk ombak laut yang berbunyi seperti seruling ketika ombak itu menyembur keatas melalui celah dan lubang diantara bebatuan laut sehingga menimbulkan bunyi mengaung. Nguuuungggg…,, mirip sekali dengan seruling. Untuk bisa berfoto bersamaan dengan semburan ombak seruling laut ini, kita harus menunggu saat yang tepat mengingat semburannya yang hanya berlangsung sebentar-sebentar.

0 comments: