Kamis, 21 Maret 2013

Satu Jam Lebih Cepat Di Kapal Penyeberangan


Ketika berada diatas kapal
Kalian pasti penasaran kan dengan judul diatas?? Kenapa bisa lebih cepat satu jam? Jadi ceritanya adalah, ketika saya menyeberang selat Bali. Kita tahu bahwa pulau Bali adalah pulau atau daerah yang sudah masuk ke wilayah pembagian waktu Indonesia tengah yang berselisih satu jam dengan waktu Indonesia barat. Lalu, apa hubungannya dengan judul itu, begini ceritanya.

Malam itu angin sepoi, mengiringi deru mesin mobil menuju geladak kapal penyeberangan, ketika itu menunjukkan pukul 21.33 WIB. Tak perlu mengantri lama, kapal segera berangkat. Daripada menunggu kapal berlabuh di pelabuhan gilimanuk yang kira-kira sekitar 30 menit lagi, saya pun turun dari mobil. Yaa…sekedar untuk meluruskan otot yang pegal karena berangkat dari Surabaya pukul 14.00 siang. Seketika itu saya teringat, bahwa ada perbedaan satu jam, antara wilayah Jawa dan Bali. Bagaimana proses terjadinya??

Tak kehilangan akal, saya pun mengeluarkan hp cdma saya yang waktunya atau pengaturan jamnya mengikuti satelit. Jadi saya ingin mengetahuinya. Ketika kapal sudah sampai ditengah selat dan perlahan mendekati wilayah daratan Bali, ternyata jam di hp cdma saya berubah sendiri, yakni menjadi satu leih cepat daripada wilayah Jawa tadi. Saya bandingkan dengan jam di tangan saya, atau hp gsm saya, ternyata memang berubah. Hp cdma saya sekarang sudah mengikuti waktu di Bali, wow..

Kenapa bisa begitu?? Saya berfikir bahwa hp cdma menangkap sinyal dari BTS terdekat di daratan Bali, nahh..di BTS itu ada yang namnya GPS yang langsung terhubung ke satelit, yang fungsinya untuk mengatur waktu di area BTS itu berada. Jadi itu alasannya, kenapa jam di hp cdma bisa tiba-tiba berubah menjadi satu jam lebih cepat.

0 comments: