Senin, 10 Mei 2010

Negeriku Tak Hanya Sebuah Nama




Saat kata-kata “Indonesia” terdengar di telinga, pasti akan terbayang di pikiran kita secara singkat, sebuah Negara yang besar dan luas dengan kekayaan beragam yang dimilikinya. Yaa, itulah Indonesia. Sebuah Negara yang begitu kaya sampai-sampai Bangsa asing pun melirik kekayaannya. Kita ingat, pada saat penjajahan Jepang, atau bahkan Belanda yang hampir 3,5 abad berada di negeri ini, telah mengeruk berbagai kekayaan dan hasil bumi dari tanah kita. Mereka tertarik dengan harta benda kita, kekayaan tambang kita, kesuburan tanah kita serta masyarakat yang terkenal dengan keramahannya, hingga beberapa saat lalu, masyarakat Indonesia masuk dalam kategori masyarakat yang paling ramah di Asia. Waooww..hebat ya..

Antar umat beragama yang hidup berdampingan

Selain masyarakat yang terkenal ramah, masyarakat kita juga mempunyai kebiasaan yang unik, yaitu kebiasaan yang bisa merekatkan tali persaudaraan antar sesama seperti gotong royong misalnya. Gotong royong adalah suatu sistem atau kebiasaan yang ada didalam masyarakat Jawa Timur, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama dan bersifat suka rela. Subak yang ada di Bali dan Mapalus yang ada di Sulawesi utara.
Indonesia juga terdiri banyak suku bangsa, Agama yang bisa kita lihat, sampai saat ini mereka masih dapat hidup secara berdampingan.

Banyak Masjid-masjid, Gereja yang berdiri kokoh tapi disitu tercipta kerukunan antar umat yang sangat baik. Itulah yang saya suka dari negeri ini. Kehidupan toleransi yang sangat dalam.

Saat ini, kita bisa melihat banyak kerusuhan diluar sana, yang diakibatkan oleh perbedaan beragama, yang berakibat kaum minoritaslah yang akan kalah. Kita juga sering mendengar, pertikaian yang hanya disebabkan oleh perbedaan suku bangsa atau budayanya. Dan itu beda dengan yang ada disini, di Indonesia. Sampai sampai Menlu Amerika pun bicara,”Kalau anda butuh Negara yang aman, demokratif maka datanglah ke Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh menlu Amerika, Hillary Clinton saat dia berkunjung di Indonesia beberapa saat lalu, dan berjanji akan mengatakan hal itu kepada dunia. Bangga ya, jadi bangsa Indonesia..hehe…


Kekayaan budaya dan alam

Untuk masalah budaya, Negara kita tidaklah kalah dengan Negara lain di dunia ini. Kita punya banyak keragaman yang yang akan membuat Negara kita menjadi kaya. Kita mempunyai puluhan, bahkan ratusan tari-tarian, lagu daerah, pakaian tradisional termasuk batik yang baru-baru ini baru saja disahkan oleh UNESCO menjadi warisan dunia yang berasal dari Indonesia.


Kita mempunyai sebuah candi Budha terbesar di dunia yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia.
Keindahan alam kita pun, mempunyai kebanggaan tersendiri. Kondisi alam yang begitu bagus menjadikan Negara ini lebih terkenal di dunia Internasional. Kita mempunyai Bali, dengan pantainya yang begitu indah ditambah dengan agama dan kebudayaannya yang sangat unik dan bagus, membuat wisatawan betah tinggal disana.


Bali,juga sempat menjadi tempat spa terbaik di dunia versi majalah kesehatan dunia, sense di Jerman tahun 2009 lalu. Selain itu kita juga masih mempunyai pulau Lombok, Bunaken, pulau Komodo yang menjadi kandidat untuk menjadi salah satu keajaiban dunia alam.

Lalu apa yang membuat kamu kamu sekalian tidak bangga terhadap Bangsa ini,..

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, kenapa ya Negara kita nggak maju-maju..kira-kira ada yang bisa jawab nggak??padahal kita sudah memiliki segalanya kan,..sumber daya alam kita melimpah.sumber daya manusia, kita juga punya..tapi menurut saya, masalahnya adalah..Bangsa kita kurang bisa menghargai orang-orang pintar di negeri ini.

Banyak kok, orang-orang yang pintar dan jenius di negeri ini. Tapi banyak juga dari mereka yang lari keluar negeri. Itu karena, Bangsa kita kurang menghargai orang-orang yang sebenarnya bisa ngasih kontribusi lebih bagi Negara dan Bangsa ini. Mereka merasa lebih dihargai di Negara asing. Mereka juga dibayar lebih mahal daripada bayaran yang ada di dalam negeri. Kita bisa ambil contoh misalkan, Habibie. Dia adalah seorang jenius yang pernah Bangsa ini miliki, tapi kenyataannya, dia malah tinggal diluar negeri. Yang masih hangat adalah Sri Mulyani, Menteri keuangan yang pernah menjadi menteri keuangan terbaik di Asia ini juga harus meninggalkan Indonesia untuk menjadi pejabat Bank dunia yang berkedudukan di Amerika sana. Hemmm..miris juga ya mendengarnya…….

Tapi, apakah dengan itu semua kita harus berputus asa?seharusnya tidak.Mengapa??
Dengan terpilihnya Sri Mulyani sebagai direktur Pelaksana Bank dunia, berati akan mengangkat pamor dan citra Indonesia di mata dunia, bahwa Indonesia juga memiliki orang-orang hebat yang bisa berprestasi di kancah Internasional..benar bukan,?

Nah,itulah sedikit gambaran tentang Indonesia. Sebuah Negara kepulauan terbesar yang terletak di Asia Tenggara ini mempunyai banyak hal yang bisa diceritakan. Mempunyai banyak kelebihan yang mungkin belum banyak orang ketahui. Jadi sudah sepatutnya, kita sebagai warga Negara yang baik, lebih menghargai dan menghormati Bangsa dan Negara kita ini, karena Negara kita tak hanya sebuah Negara, tak hanya sebuah Bangsa. Tapi kita memiliki segalanya.

10 comments:

Anonim mengatakan...

isi dari artikel ini bagus,sangat mendidik. mulailah menghargai bangsa ini,dimulai dari hal yang kecil,dengan cintai produk indonesia.

Anonim mengatakan...

Kita harus bangga terhadap bangsa ini.negara kita memang kaya,kita memiliki segalanya..

r4tn4nop mengatakan...

Betul! Banyak sekali yang dimiliki oleh negeri ini yang bisa kita banggakan sebagai anak bangsa. Seharusnya, kita patut bersyukur atas apa yang bangsa Indonesia miliki. Bukan hanya mengedapankan suku atau ras masing-masing, hingga terjadi demo, tawuran atau tindakan anarkhis lainnya. Namun, seluruh bangsa Indonesia perlu menyatukan diri sehingga bisa berdiri tegak di kancah Internasional. Sehingga Indonesia, tak hanya sebuah nama, tetapi negara yang patut diperhitungkan.

Thommy AluDiN bAhaR mengatakan...

yo wesss....
mugo iso menang manehh....

amiiiinn......


ciamik soro!!!

wahyumedia mengatakan...

Ibuk.R. : Memang bener,dan harus..kita harus cinta kepada tanah air kita
Tomi : Iya Tom..doakan aja ya,..hehehe

Anonim mengatakan...

Indonesia..kehidupan umat betragama yang sesungguhnya,..I like this.

Riand mengatakan...

artikelnya bagus..
semoga menang blog competitionnya..
sukses.. :)

Yudho mengatakan...

Optimis mnang jee

as_5_lang mengatakan...

lanjutkan jess!!!!!!!!

wulanekadalu mengatakan...

Indonesia,,pasti bisa!!!