Selasa, 04 Januari 2011

MENGENAL ISTILAH DOMAIN DAN HOSTING

Teman-teman, pernahkan kalian berfikir bagaimana sebuah website bisa berjalan?? Apa saja yang dibutuhkan?? Jawabannya adalah : sebuah website bisa berjalan karena adanya 3 faktor, yakni Domain, Hosting dan file website yang kita onlinekan.

Lalu, apa itu Domain? Hosting? Pernahkan kalian mendengar kata-kata itu? Mungkin diantara kita sudah banyak yang  mendengarnya, tapi tidak mengetahui arti apa itu Domain dan Hosting. Nah, sekarang marilah kita belajar bersama-sama untuk mempelajari istilah –istilah itu.

Pertama-tama, marilah kita melihat video dibawah ini sebagai gambaran awal apa itu yang disebut dengan Domain dan Hosting.


Video yang bagus kawan. Bagaimana  kira-kira? Sudah ada gambaran, apa itu Domain dan Hosting? Lalu, bagaimana kaitannya dengan sebuah website?
Dari video diatas, kita bisa mengibaratkannya sebagai berikut :

Sebuah website diibaratkan sebagai kios/ruangan di Mall. Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Hal itu sama seperti penyedia layanan web hosting yang menyediakan web hosting, layanan email maupun layanan ftp. 

Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Sama seperti setiap account hosting, pemiliknya berbeda dan isi dari hostingannya pun berbeda sesuai dengan apa yang ingin kita tampilkan di websitenya.

Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 12m x10m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut. Untuk besarnya ruangan tersebut bisa kita ibaratkan dengan besarnya kapasitas Hosting kita. Lalu, misalnya saja kita memiliki alamat di mall tersebut dengan alamat block C17/55 itu sama dengan Domain kita.

Jadi,  apa itu pengertian Domain dan Hosting??

Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org" atau “www.google.com .

Nama domain dapat pula kita sebut dengan istilah URL, atau alamat website, yang diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa bulanan atau tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan dilepas lagi ketersediaannya untuk umum.

Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi atau akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut.

Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah :
com, net, org, info, biz, name, ws.
Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
co.id, ac.id, go.id, or.id, sch.id, web.id

Domain dengan sendirinya hanya berupa alamat web. Agar Domain dapat berfungsi sebagai alamat email atau website, maka dibutuhkan yang namanya Hosting.

Hosting
Hosting (Web Hosting) adalah suatu tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses melalui Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai. Semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan didalam website.

Saat kita menyewa sebuah Hosting, kita(sebagai pengguna) akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan username dan password untuk administrasi websitenya. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Lokasi peletakan pusat data (datacenter) web hosting bermacam-macam. Ada yang di Jakarta, Singapore, Inggris atau Amerika.
Nah, jadi kita sudah tahu kan pengertian dari Domain dan Hosting? Lalu, hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan dalam memilih Domain dan Hosting?? Berikut ini adalah panduan yang dapat kita ikuti dalam memilih Domain dan Hosting yang baik.

Dalam Memilih Domain
Nama domain dhimasronggobramantyo.com merupakan contoh nama domain yang buruk, karena selain panjang nama domain tersebut juga sulit diingat. Dalam memilih nama domain, buatlah nama domain kita sesingkat mungkin untuk mengecilkan kemungkinan seseorang salah mengetik domain anda (jangan seperti dhimasronggobramantyo.com atau meg4a14a1.com yang nama domainnya sangat panjang dan sulit diingat). Sebaiknya,kita memiliki Domain yang memiliki arti dan gampang diingat, jangan sekali-kali membeli domain dengan penggabungan angka dan huruf karena akan susah diingat.

Dalam Memilih Hosting
1.     Kapasitas: Kita perlu memperhatikan berapa kapasitas yang dibutuhkan, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Kita harus memilih dengan cermat sesuai kebutuhan website kita nantinya.
2.     Teknologi yang digunakan: Apabila kita ingin mendesain Website kita dengan system berbasis ASP, maka kita harus memilih windows web Hosting untuk mendukung system ASPnya.                                                                                         
3.     Support: Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin kita beli memiliki layanan support yang baik selama 24 jam. Jadi apabila tengah malam tiba-tiba kita mendapat masalah dengan website kita maka kita dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting kita.
4.     Database: Apabila kita membuat website dinamis, pastikan kita memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah dan apa saja database yang disediakan, apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.
5.     Backup: Apakah hosting kita ada layanan yang dapat membackup data kita setiap hari. Ini penting karena ada banyak penyedia layanan Hosting yang tidak menyediakan vitur back up.
6.     Bandwith: Kita harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer ke account hosting kita dalam sebulan. Sebisa mungkin kita mencari penyedia hosting yang besaran bandwithnya unlimited.                                                          
    Di Indonesia sendiri kita sudah mengenal berbagai perusahaan penyedia layanan itu, Domain dan Hosting. Salah satu diantaranya adalah Jagoan hosting atau yang sering kita sebut dengan Jagoan Hosting Indonesia.

    Jagoan Hosting, adalah sebuah perusahaan yang berada dibawah naungan PT. Beon Intermedia, yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa terutama penyedia jasa Domain dan Hosting, dengan kantor yang beralamatkan di Jl. Jemur Andayani No. 50 / C-17 Surabaya 60236) dengan servernya di IDC (Indosat Data Center) yang ada di Jakarta.

    Jagoan Hosting telah hadir di Indonesia dengan berbagai layanan yang menarik, antara lain adalah :

    Web Hosting Murah
    Dengan harga web hosting yang murah, kita bisa mendapatkan  layanan dan fitur yang lengkap  diberikan oleh jagoan Hosting. 

     
    Top Level Domain Dan Domain .ID
    Jagoan Hosting menyediakan layanan domain dengan ekstensi .id sampai domain TLD (Top Level Domain) dengan harga yang murah dan dilengkai fitur domain manager.


    Reseller Hosting
    Jagoan hosting meyediakan paket Reseller hosting.dimana pada saat kita membeli sebuah paket hosting yang besar, yang bisa kita kelola sendiri atau bisa kita bagi menjadi beberapa account hosting kecil sesuai kebutuhan kita.


    VPS Indonesia
    Adalah suatu paket yang disediakan oleh Jagoan Hosting dimana kita bisa mengelola suatu virtual private server sesuai kebutuhan kita. Misal : Untuk server radio online, web server atau mail server dimana kita diberikan akses penuh untuk mengelola virtual privat server tersebut.
    Selain itu, Jagoan Hosting juga mempunyai kelebihan lain seperti :

    1.     Layanan Profesional
    2.     Kecepatan Akses Tinggi
    3.     Harga Sangat Terjangkau
    4.     Full Control Panel
    5.     Layanan 24 Jam
    6.     Server dan Network yang Cepat
    7.     Jaminan Uang Kembali dan Server Uptime
     
    Kelebihan-kelebihan diatas tentunya sangat dibutuhkan oleh kita, sebagai pelanggan. Selain fasilitas, pelayanan yang ditawarkan tersebut  akan membuat kita terasa nyaman.
    Nah, jadi sekarang sudah tahu kan apa itu yang disebut dengan Domain dan Hosting, termasuk contoh perusahaan penyedia jasa layanannya? Jadi saya akhiri dulu  proses belajar kita tentang Domain dan Hosting kali ini.

    Mulai sekarang teman-teman tidak perlu bingung lagi tentang istilah-istilah itu. Teman-teman bisa belajar untuk membuat sebuah website atau Blog, lalu mendaftarkan Website atau Blog itu kesebuah perusahaan jasa pelayanan Domain dan Hosting seperti misalnya ke Jagoan Hosting. Dengan kata lain kita membelikan Domain dan Hosting untuk website atau Blog kita. Untuk tahap awal, kita bisa membeli Domain yang sifatnya gratis. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli Domain itu. Dengan cara-cara seperti ini, saya yakin pengetahuan dan pengalaman kita tentang Domain dan  Hosting akan semakin bertambah.

    11 comments:

    second hand baby car seats mengatakan...

    terimakasih atas informasinya .

    Thommy AluDiN bAhaR mengatakan...

    nice inpoh gan........
    berguna bagi newbie di internet...

    al4mien mengatakan...

    teruskan perjuanganmu....
    meraih mimpimu...
    jalanmu masih panjang anak muda...

    semangat... semangat...

    f12man mengatakan...

    mantab,suwun je.wes rodo lali masalah koyo ngene iki hehe

    Anonim mengatakan...

    hmmmmm bagus juga neih,,,bisa buat nambah wawasan orang awam...heheheh.....,,,4 jempol deh buat tulisan ini,,("v")

    wawoetz mengatakan...

    wooo.. mantap.. detail skelai :D

    tah aja mengatakan...

    siiip. ditunggu prakteknya ya Yu :D

    Andy mengatakan...

    semangat..semangat bro.. :)

    Gigih's Blog mengatakan...

    nice info mas ..
    keep posting :))

    Anonim mengatakan...

    Terimakasih informasinya,..artikel yang bagus

    DOMAINER TULUNGAGUNG mengatakan...

    Sedang belajar banyak tentang domain dan hosting bang,jadi saya harus makan banyak tentang artikel-artikel bagus kayak yang ini,rencana sich mau jadi domainer...