Kamis, 16 Juni 2011

KORAN, DITENGAH PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE

Perkembangan Teknologi, telah menuntut dunia informasi untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam bidang IT. Teknologi informasi rupanya telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali adalah Koran.

Koran, telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang yang merasa perlu untuk mengenal dunia informasi. Dengan membaca Koran , kita bisa mengetahui update-update berita yang terjadi saat itu juga. Mungkin akan merasa sangat bodoh, ketinggalan informasi, ketika kita melewatkan kesempatan untuk membaca. Menghilangkan moment-moment menggali informasi melalui media cetak atau Koran.

Tapi, apakah Koran mampu bertahan dalam derasnya persaingan media online seperti yang terjadi saat ini?? Sementara kita tahu, mereka masih saja menggunakan cetakan kertas yang mereka cetak setiap paginya lalu mereka edarkan. Kita tahu, saat ini telah banyak media online seperti kompas, detik.com yang bisa selalu kita nikmati setiap saat tanpa harus membayar atau mendaftar terlebih dahulu. Bahkan mereka berhasil meng-update berita mereka beberapa menit setelah adanya kejadian peristiwa yang terjadi. Suatu perkembangan yang luar biasa tentunya dalam dunia teknologi informasi.

Mampukah media cetak atau Koran bertahan???

Kalau kita lihat setiap pagi misalnya, banyak Koran-koran / media cetak yang selalu terlihat di atas meja kantor, atau di meja makan rumah kita. Di tiap-tiap perempatan sudut kota, terlihat begitu ramai penjaja koran bahkan loper koranpun masih sering terdengar diantara dinginnnya pagi dengan suaranya yang khas dan dengan setumpuk koran yang mereka bawa. Hal ini membuktikan bahwa koran atau media cetak masih begitu dibutuhkan oleh masyarakat kita pada umumnya.

Kira-kira, apakah yang membuatnya bisa bertahan??

  • Saat ini internet sedang mengalami perkembangan yang luar biasa. Walaupun begitu, tak semua orang bisa menikmatinya. Mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang mungkin kerjaannya, pendidikannya berhubungan dengan dunia maya. Tapi masyarakat kita mempunyai begitu banyak sektor dan bidang yang kesemuanya belum tentu berhubungan dengan dunia IT. Tentu hal ini menjadi alasan tersendiri, mengapa media cetak masih sangat dibutuhkan, terbukti dengan mereka mempunyai pangsa pasar yang masih sangat luas.
  • Media cetak / Koran, menjadi sangat dibutuhkan tidak hanya saat kita duduk di rumah atau di kantor saja. Saat kita sedang dalam perjalanan misalnya, kita bisa mengisi kesibukan kita dengan membaca.
  • Koran, juga mempunyai aura tersendiri bagi pembacanya. Bisa menambah kesan sebagai orang penting mungkin, kaum intelek mungkin dengan memegang kertas bacaan berita dengan berbagai informasi yang dapat kita gali didalamnya.

Jadi mungkin media cetak / Koran masih akan terus bertahan hingga suatu saat nanti. Selain pembaca versi online masih terbatas, media cetak juga mempunyai pangsa pasar tersendiri yang tidak dimiliki oleh media online lainnya, walaupun perkembangan internet saat ini telah mencapai puncak sejak kehadirannya yang pertama.

3 comments:

jual rumah di kemang mengatakan...

yang lagi mau jual kebun sengon mau bagi info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon bagi yang suka bertani

jasa ekspedisi mengatakan...

mampir nich dari jaksel...

wahyumedia mengatakan...

jual rumah : terima kasihInfonya...
Jasa ekspedisi : iya, terima kasih atas kunjungannya...