Senin, 19 Desember 2011

PERANAN BLOGGER DALAM UPAYA KONSERVASI SUMBER DAYA AIR

Air adalah senyawa penting bagi semua bentuk kehidupan yang ada di bumi ini dan tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi yang sebagian besar terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es, yang juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, air tawar, danau, uap air, dan lautan es.

Air juga menjadi kebutuhan pokok kehidupan manusia dimana 70% tubuh manusia terdiri atas air. Hal ini menunjukkan bahwa dalam kelangsungan hidup, manusia selalu membutuhkan air. Bayangkan saja, saat kita mulai lahir lalu tumbuh berkembang dari bayi hingga dewasa bahkan tatkala ajal telah tiba jasad ini akan selalu bersentuhan dengan air .

Namun pada saat ini, air yang digunakan oleh manusia sering mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat mengganggu kelangsungan hidup. Tingginya bahan tertentu dalam air yang melebihi syarat yang telah ditentukan akan menimbulkan efek berlebihan, baik dari segi kesehatan, ekonomi, dan estetika. Hal ini tentu ada penyebabnya, salah satunya adalah sikap ketidakpedulian terhadap pengelolaan air dan sumber dayanya.

SIKAP KETIDAKPEDULIAN TERHADAP AIR
Air memegang peran yang sangat besar bagi kehidupan, namun pada umumnya peranan penting itu sering tidak kita disadari sehingga merusak sumber daya air yang telah ada. Manusia sering mengabaikan dan tidak peduli akan fungsi dan peranan air didalam berbagai hal dalam kehidupan ini. Contohnya adalah sebagai berikut :
  •     Pengrusakan hutan.
  •     Membuang sampah sembarangan.
  •     Pencemaran air laut.
  •    Pengrusakan lingkungan.
  •    Buruknya pengelolaan akan lingkungan.
  •    Penggunaa air secara berlebih.
BAHAYA MENGINTAI
Sumber daya air merupakan anugerah dan amanat dari Tuhan Yang Maha Pemurah kepada seluruh bangsa Indonesia. Amanat ini seharusnya dipertanggungjawabkan dengan cara memelihara dan mengoptimalkan pendayagunaannya untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Tindakan kita yang sewenang-wenangan terhadap air, akan meningkatkan resiko bencana yang semakin besar terhadap bahaya yang ditimbulkan olehnya, seperti :

Banjir dan tanah longsor
Sebagai akibat dari pemanasan global serta illegal logging.

Krisis air bersih
Banyak sumber air yang kurang bersih, terutama di kota-kota besar yang harus mengandalkan air dari PDAM. Selain itu, konversi lahan juga menjadi penyebab utama dari krisis air bersih karena  semakin berkurangnya pohon.

Pencemaran
Pencemaran air atau saluran air yang biasanya terkontaminasi oleh limbah-limbah pabrik. Selain resiko-resiko diatas, pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan krisis air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik.

UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK KONSERVASI AIR
Kita tahu, pemerintah telah berusaha untuk menjaga kelestarian sumber daya air. Salah satunya dengan mengeluarkan peraturan perundang-undangan seperti yang tertuang dalam dalam UU No. 7/2004 tentang sumber daya air. Menurut undang-undang nomor 7 tahun 2004 tersebut, yang dimaksud dengan konservasi sumber daya air adalah upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat, dan fungsi sumber daya air agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang.

Tidak hanya itu, sejak ditetapkannya tanggal 22 Maret sebagai hari air sedunia pada sidang umum PBB tahun 1992, banyak negara-negara di dunia ini yang memperingatinya. Termasuk Negara kita. Tapi apakah hanya memperingati saja tanpa adanya usaha nyata dalam upaya pelestarian sumber daya air tersebut? Tentu tidak. Pemerintah bersama-sama dengan masyarakat telah melakukan berbagai upaya demi menjaga sumber daya air. Upaya tersebut antara lain adalah :
-        Reboisasi.
Melakukan reboisasi  pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir atau pantai, dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga.

-        Program kali bersih.
Sungai merupakan sarana penting untuk menunjang kehidupan manusia seperti untuk air minum, mandi, memasak, mencari ikan, budidaya ikan (keramba) dan sarana transportasi. Dengan program ini, pemerintah mengajak semua pihak untuk menjaga lingkungan sungai agar bisa dimanfaatkan oleh semua orang dengan tidak ada rasa waswas akan tercemar.

-       Memberikan perlakuan khusus kepada limbah.
Limbah bisa diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari tanah dan lingkungan yanag akan berakibat pada pencemaran.

-        Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS)
Pengelolaan DAS menekankan usaha konservasi pertanian lahan kering, perlindungan daerah non budi daya, pengembangan irigasi, dan pengendalian bahaya banjir.

-        Program sadar akan kebersihan.
Program sadar akan kebersihan tersebut meliputi, tidak membuang sampah dan limbah sembarangan, seperti di aliran sungai, di tanah resapan, dan ditempat-tempat yang tidak semestinya yang akan mengakibatkan terganggunya system aliran air.

-        Sosialisasi seputar penggunaan air yang bijak.
Sosialaisasi ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar bisa menggunakan air untuk keperluan sehari-hari secara efektif dan efisien.

-        Membuat waduk untuk membendung air yang berguna sebagai cadangan persediaan air saat musim kemarau datang.

-        Pengelolaan tanah sesuai dengan porsinya.
Melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi dan kemampuan lahan, serta mengatur sistem irigasi atau drainase sehingga aliran air tidak tergenang. Usaha ini bertujuan untuk mengembalikan lahan kritis menjadi lahan yang subur lagi atau dapat dimanfaatkan manusia untuk kepentinganya.
Upaya konservasi sumber daya air ini wajib dilakukan oleh siapapun dan dalam bentuk apapun selama kegiatan tersebut mampu memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pelestarian atau konservasi sumber daya air. Tidak hanya pemerintah atau masyarakat, tapi juga kita sebagai seorang Blogger.
APA ITU BLOGGER??
Blogger adalah seseorang yang hobinya menulis di Blog. Kenapa seorang Blogger? Karena Blogger mempunyai alat atau media  yang begitu efektif untuk menarik perhatian umum melalui media, yaitu Blog. Dengan peranan Blogger, tentu usaha konservasi sumber daya air bisa dengan cepat beredar luas dan bisa terealisasikan.

APA SAJA YANG BISA DIPERANKAN OLEHNYA??
Blog, adalah media online yang sangat ampuh untuk menarik perhatian masyarakat luas. Blog menjadi sangat bagus, ketika seorang blogger menuliskan coretan-coretan indah karyanya yang akan semakin menarik pengunjung untuk membacanya lebih jauh. Sebut saja obama. Presiden Amerika berkulit hitam pertama ini menang juga berkat bantuan media, khususnya media online seperti  Blog. Jadi bisa kita bayangkan, begitu besar peranan media online seperti blog dalam membuat orang tertarik dengan apa yang dituliskannya di media. Lalu, apa yang bisa dilakukan blogger dalam ini??

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang blogger, seorang yang lebih dekat dengan dunia maya, dengan tulis-menulis di media online, artikel tentu menjadi senjata utama untuk mempropaganda, menyebarluaskan dan  mempromosikan berbagai upaya konservasi air. Mengajak masyarakat dan pembaca untuk lebih menghargai air. Apakah hanya itu?? Tidak. Masih ada banyak hal yang bisa blogger lakukan dengan kegiatannya dalam upaya konservasi sumber daya  air ini. Apa saja itu??
-        
 Melakukan promosi di blog atau tulisan
Sebagai seorang blogger, media tentu menjadi alat utama untuk menyebarluaskan tulisan atau artikel-artikel yang berkaitan dengan konservasi. Karena, dunia online bisa menembus berbagai kalangan dan lapisan masyarakat di negeri ini dimanapun mereka berada. Hal ini tentu akan sangat efektif untuk menyebarluaskan sebuah artikel yang berisi tentang konservasi sumber daya air.
-      
  Menyampaikan melalui berbagai seminar
Seorang Blogger sering mengadakan berbagai acara seperti seminar. Dengan seminar itu, seorang blogger diharapkan bisa menyuarakan akan pentingnya air. Lebih dari itu, air bisa mereka angkat sebagai tema dalam seminar tersebut.
-        
Melakukan penggalangan dana
Seorang blogger harus bisa dan harus mau belajar untuk mencoba merealisasikan sesuatu hal yang bersifat positif, dalam hal ini adalah konservasi air. Blogger bisa menggalang banyak dana dan dukungan melalui media online untuk selanjutnya diteruskan kepada pihak-pihak berwenang yang berkaitan dengan konservasi air.
-        
 Memanfaatkan situs jejaring sosial
Salah satu media yang paling efektif adalah dengan mengiklan atau meletakkan beberapa postingan di situs jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Dua jejaring sosial tersebut adalah media yang paling ngetren dan banyak digandrungi oleh masyarakat luas khususnya anak muda pada saat ini. Jadi dengan menyebarkan postingan di situs jejaring sosial, maka artikel atau ajakan untuk melestarikan air akan cepat tersebar luas.
-         
Membagikan selebaran
Sesekali, blogger perlu menggali dukungan dari orang-orang yang mungkin selama ini tidak mengetahui tentang pentingnya sumber daya air. Yakni dengan menyebarluaskannya dengan poster atau selebaran-selebaran di pinggir jalan. Dengan begitu, ajakan tentang perlindungan sumber daya air akan diketahui oleh orang umum, mungkin bagi mereka yang tidak mengenal dunia internet.
-        
Mengadakan perlombaan blog tentang konservasi air.
Seorang blogger bisa mengadakan acara seperti misalnya perlombaan Blog yang mengangkat tema atau topik tentang pentingnya sebuah air. Hal ini akan meningkatkan jumlah artikel tentang konservasi air di dunia maya. Perlombaan bisa dilakukan dalam bentuk SEO ataupun tulisan biasa dengan mengutamakan kualitas tulisan.
-      
Terjun ke lapangan langsung
Seorang blogger tidak wajib hanya duduk di belakang meja, dan melototin komputer. Blogger juga bisa terjun langsung ke lapangan untuk ikut berpartisipasi. Misalnya acara penanaman pohon yang biasanya diadakan oleh kampung atau badan-badan yang berkaitan dengan air dan lingkungan.
-     
Ikut berperan serta dalam kegiatan bakti sosial
Seorang blogger memang harus berpikiran kreatif.Tidak hanya menulis, tapi juga kreatif untuk ikut serta dalam kegiatan bakti sosial yang berhubungan dengan sumber daya air.
-        
 Membentuk komunitas.
Melalui blog dan menjadi seorang blogger, tentu akan sangat menyenangkan. Mempunyai banyak teman, atau sebuah komunitas yang dapat  terikat secara kuat. Nah, blogger bisa membuat komunitas itu sebagai senjata untuk ikut mensukseskan program konservasi air. Karena dengan komunitas, sebuah acara atau program akan semakin mudah direalisasikan, termasuk program konservasi sumber daya air.

Jadi  semua mempunyai tanggung jawab dan peran yang besar terhadap upaya pelestarian sumber daya air ini, tak terkecuali adalah blogger. Justru dengan peran Blogger, upaya konservasi akan lebih lantang disuarakan dengan media yang dia gunakan, yakni Blog dengan berbagai aktifitas yang mereka lakukan.
MARILAH KITA MENJAGA AIR, DEMI KELANGSUNGAN HIDUP KITA SERTA ANAK CUCU KITA. SEBAGAI SEORANG BLOGGER, MARI KITA TUNJUKKAN PERANAN KITA DENGAN CARA DAN MEDIA YANG KITA MILIKI.


14 comments:

Otips mengatakan...

Memang, untuk mendapat air bersih sekarang susah banget broo!
Hampir sudah tdak ada keseimbangan di dlm kehdupan kali yak!
Waktu musim penghujan air bisa meluber sehingga banyak orang kesusahan krn kebanjiran tp klo musim panas banyak orang susah krn kekurangan air.
Smoga tulisan mu bisa membuat kita sadar akan melestarikan bumi beserta sirkulasi yang ada di dalamnya broo!
Smangat selalu & keep writing :)

Ayu Agitasari mengatakan...

sepertinya kesadaran untuk peduli dengan pentingnya air bersih dan lingkungan sehat sudah sangat mahal harganya.
Tapi, semoga dengan tulisan ini, dapat menggugah semangat untuk saling menyadarkan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,terutama air, agar terwujud lingkungan yang sehat.
Sangat bermanfaat, semoga sukses Brother. :)

Ratna Novitasari mengatakan...

Semoga banyak orang yang kan membaca artikel diri dan memahami akan pentingnya konservasi air.

Upaya-upaya yang dilakukan untuk konservasi air semoga bisa dilaksanakan bersama-sama pemerintah dan masyarakat bukan hanya peraturan yang tertulis hitam di atas putih.

Jika manusia ramah terhadap lingkungan, maka lingkungan akan ramah kepada manusia, jika tidak, maka lingkungan sendiri yang akan menghukum manusia.

Semoga belum terlambat untuk menyelamatkan lingkungan bagi generasi yang akan datang.

duniaspasi mengatakan...

artikel ini bisa membantu masyarakat luas dalam merealisasikan budaya menjaga lingkungan yang berperan dalam konservasi sumber daya air :)

singgaray mengatakan...

sudah selayaknya kita menjaga kebersihan lingkungan serta air bila kita menginginkan hidup sehat ...

wahyumedia mengatakan...

Otips : Iya Yud..terima kasih... :)

Ayu agitasari : Iya Ayu..semoga bisa bermanfaat bagi semuanya..amin..

wahyumedia mengatakan...

Ratna Novitasari : Amin...iya betul itu, pendapatnya..terima kasih atas perhatiannya. semoga kita termasuk orang-orang yang bisa menjaga air..

duniaspasi : Iya sobat..semoga dengan media blog ini, semua bisa sadar, akan pentingnya air dan sumber dayanya..

singgaray : amin..semoga bisa begitu mas.. :)

Indah Ndut mengatakan...

Bener banget, memang 70% lebih tubuh manusia terdiri atas air. Karena itu sudah seharusnya kita memperhatikan air yg kita konsumsi, apa sudah bersih dan bebas dari virus, kuman ataupun penyakit. Untuk itu kita harus pintar2 memilih air minum yg menjadi konsumsi qt tiap hari.

wahyumedia mengatakan...

Indah Ndut : Benar...maka dari itu, kita harus bisa menjaga sumber daya airnya juga, sebelum kita membutuhkannya untuk kita konsumsi..

Ainur Rohman F mengatakan...

ayo yuuuu berkreasi secara kompetitif denganku yhaa...

jgn lupa mampir ke blog ku :D

Anonim mengatakan...

wahh..tulisannya bagus mas...semangatt!!

dwi mengatakan...

Persentase luas lautan yg melebihi dr luas daratan di muka Bumi ini tryta tdk serta merta membuat kita menyadari betapa pentingnya peran air bagi kelangsungan hidup kita di Bumi ini :D

Hmmmm dgn ngebaca ini at least jadi teringat kembali pelajaran dibangku SD dulu, untuk mulai menghargai air sbg sumber kehidupan kita :)

Keren tulisannya Yu.

wahyumedia mengatakan...

dwi : hehe..iya mbak, amin..moga kita bisa lebih bisa menghargai air yang sangat bermanfaat buat kehidupan kita ini.. :)

west sumatera green action mengatakan...

mantap bro, untuk usaha konservasi sambil wisata silahkan kunjungi balik