Selasa, 17 Januari 2012

Menikmati Nasi Brongkos Jogyakarta

Jogyakarta, sebuah daerah keistimewaan yang ada di Indonesia dengan berbagai kekayaan yang dimilikinya. Menyebut kota Jogyakarta, mungkin akan terbayang di pikiran kita sebuah kota yang unik, kaya akan budaya dan pariwisata. Tapi tidak hanya itu, ternyata Jogya juga kaya akan makanan, seperti gudeg atau nasi brongkos.

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui apa itu gudeg. Yakni sebuah makanan yang berasal dari buah nangka yang masih muda yang dimasak dengan santan dan terasa agak manis. Tapi bagaimana dengan nasi brongkos??

Terletak di sebelah selatan alun-alun kidul Jogyakarta, warung ini nampak ramai. Karena lapar, saya pun mencoba untuk mampir. Begitu saya masuk, rasanya sudah terasa bahwa warung ini spesial. Hal ini terlihat dari para pengunjungnya yang sedang menikmati santapan yang
berada di mangkok dan piring  mereka. "Hmm..mau makan apa ya”, pikir saya sembari membaca daftar menu yang berada di atas meja. Setelah membaca daftar menunya, saya melihat ada menu nasi brongkos. “Woww, apa itu nasi brongkos?”Tanya saya kepada pelayannya. Nasi brongkos ada dua, yakni nasi brongkos telor dan nasi brongkos koyor. Brongkos telor adalah sayur kacang merah dengan menggunakan telor. Sedang brongkos koyor adalah sayur kacang merah dengan daging sapi yang dimasak hampir seperti gulai.

Tak lama setelah pelayannya menjelaskan, saya langsung memesannya. Dan rasanya.., sungguh luar biasa, enak sekali. Tidak hanya kacang merah, tapi ternyata ada tahu yang dicampurkan kedalam mangkok sayur kacang merah tadi. Hemm..sedikit menambah kenikmatan sayur brongkos.

Nampaknya, makanan ini bisa kita coba kembali saat kita berkunjung ke Jogya, karena selain enak harganya pun juga murah. Apalagi kalau kita padukan dengan es campur atau es buah yang begitu segar, rasanya perut ini tidak akan bisa kenyang dan berniat untuk terus menikmatinya.

4 comments:

wulanekadalu mengatakan...

mauuuuu, wenak kayaknya :)

wahyumedia mengatakan...

wuhh..mantap mbak.. :D

Ayu Agitasari mengatakan...

ngidam... ngidam...

wahyumedia mengatakan...

Bisa dicoba Yu,...hehehe