Kamis, 23 Mei 2013

Ranupane, Pos Terakhir Pendakian Semeru

Jalan menuju Ranupane
Bagi kalian para pecinta gunung, tentu kalian pernah mendengar sebuah tempat yang bernama Ranupane. Tahukah engkau apa itu Ranupane?? Ranupane adalah sebuah ranu atau yang sering kita sebut sebagai danau. Danau ini terletak di kaki gunung semeru. Sebenarnya ranu ini tidak terlalu bagus hingga namanya terkenal dikalangan para pendaki, tetapi karena ditempat ini adalah pos atau tempat dimana para pendaki berkumpul dan melakukan ijin untuk menuju puncak Mahameru.

Terletak di ketinggian ± 2162 mdpl, tempat ini relative dingin apalagi saat petang menjelang malam, bisa membuat tubuh kita menggigil kedinginan. Tempat yang dikelilingi oleh perbukitan dan hutan dengan nuansa pemandangan yang indah ini, akan membuat kita lupa bahwa kita berada disebuah area yang sangat jauh dari keramaian. Ya, kita berada di sebuah tempat terpencil dan terisolasi. Disini kita tidak akan menjumpai Mall, ATM, rumah makan dan warung kopi tentu saja. Kalian hanya akan menjumpai seonggok gunung dan sedikit kampung warga tengger.

Tempat ini akan menjadi sangat ramai ketika musim pendakian tiba, dalam artian ketika gunung Semeru dibuka untuk penndakian, karena semua pendaki akan menuju kesini. Tempat ini menjadi pintu terakhir para pendaki sebelum mereka meneruskan pendakian mereka ke puncak Mahameru. Disini mereka ijin, lapor dan harus menyerahan beberapa data diri mereka seperti ktp. Jika semuanya sudah lengkap dan kondisi alam semeru memungkinkan, baru kita akan diijinkan untuk menerusakn pendakian.

Bagaimana untuk bisa kesini?? Untuk bisa kesini, kita bisa memakai motor atau menyewa mobil jeep. Jalanan kesinipun tidak selalu mulus, kita akan melewati berbagai kondisi jalan sebelum akhirnya melewati bukit yang terletak diatas gunung Bromo. Dan ketika melewati bukit itu, nampak dari kejauhan, gunung bromo yang menyemburkan asap lavanya, atau padang savana yang membentang luas begitu hijau bagai kasur yang empuk, yang kelihatan dari atas, sungguh luar biasa..!!

3 comments:

Wulan Dalu mengatakan...

foto pos ranupaninya mana?
yg ditampilkan kok poto yang mau ke bromo? xixixi

Anonim mengatakan...

Semeru ato bromo si?

wahyumedia mengatakan...

@Wulan eka dalu : itu foto jalan yang menuju ke Ranupane mbak..