Selasa, 30 Maret 2010

MENGAPA BURUNG TAK KESETRUM??

Kita tentunya sering melihat burung-burung yang lagi terbang dan bertengger di kabel PLN.Tapi,,mengapa si burung-burung itu tidak mati karena kesetrum??mungkin pertanyaan inilah yang sering terlintas di benak anda,..

Penjelasnnya adalah,…sbb :

Kita tahu bahwa aliran listrik itu dapat mengalir  bila ada rangkaian tertupu.seperti percobaan Fisika yang pernah kita praktekkan pada saat smp dulu.sebuah bolam lampu yang kita hubungkan dengan battery dapat menyala,bila ada rangkaian tertutup,yaitu bila saklarnya dihubungkan.Itu terjadi karena terjadi aliran beda potensial dari kutub ke kutub dari sebuah battery.


Seperti halnya Burung.Pada saat burung bertengger di atas kabel PLN,mereka tidak akan kena setrum,karena kaki-kaki mereka hanya menyentuh salah stu phase dari kabel PLN itu saja.Kaki mereka tidak mnyentuh kabel netral atau Ground(pentanahan).Jadi tidak terjadi aliran beda potensial yang melewati tubuh si burung itu tadi,sehingga si burung tidak akan kena setrum.

Kita bisa mengambil contoh lain,yakni saat kita mengetes suatu arus yang ada di stop kontak misalkan.Lampu indicator pada test pen akan menyala begitu kita menempelkan ujung jari-jari kita.mengapa lampu indicator di test pen bisa menyala,padahal tidak ada saklarnya?Yaitu karena tubuh kita masih berhubungan dengan tanah atau Ground yang akan menyebabkan aliran arus listrik menuju tanah melalui tubuh kita.Sekarang coba tambahkan isolator yang ada di kaki anda,maka nyala lampu indicator pada test pen akan semaki redup pula.


Sama seperti burung tadi,anda tidak akan kesetrum walaupun menyentuh kabel phase PLN,asalkan anda tidak menyentuh kabel netral PLN atau ground.

3 comments:

Rizky2009 mengatakan...

ow gt yah sob, ok deh jadi ngerti, lah kalau misalnya bergelanyungan d kabel PLN gt kesetrum gak, kan kaki g nyentuh tanah

wahyumedia mengatakan...

Yup,ya tetep nggak kesetrum,klo kita nggak nyentuh tanah atau kabel netral...asal kita hanya megang satu kabel aja.di atas tu kan ada 3 kabel PLN yang mengandung arus listrik..3 phase, yaitu R,S dan T.

Yudho L mengatakan...

Ow ngunu yo jeee..
Makane iku kon duwe "Aji2 Ngawang Nyambung Kabel" iku fungsi ne gawe iku tah.
Lek sing disambung kabel E1 perlu duwe aji2 ngunu iku gk jee?hehehe