Sabtu, 20 Maret 2010

SEDIKIT SEJARAH TENTANG LINUX


Mendengar kata Linux untuk sebagian orang tentu sudah berfikir tentang segala kerumitan perintah-perintahnya.Hal itu menjadi wajar,apalagi bagi orang yang sudah lama menggunakan sistem operasi Windows yang menyediakan segala macam kemudahan

Tapi Linux terus mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan berbagai variannya,hingga beberapa variannya mampu menandingi kehebatan vitur Aero yang dimilikiWindows Vista.Lahirnya Linux dengan beragam varian ini tentu melalui perjalanan yang panjang seperti munculnya computer di dunia.

Cikal bakal lahirnya Linux dimulai pada tahun 1960 dari Bell Labs,sebuah laboratorium milik AT & T (American Telephone and Telegraph).Saat itu AT & T bekerjasama dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan GE(General Electris) untuk membangun sistem operasi guna menjalankan mesin GE 645(General Electric Mainframe645)

Sistem operasinya pun diberi nama Multics.Tapi pada akhirnya pembuatan sistem operasi Multics ini dihentikan oleh AT & T karena Multics mempunyai banyak kelemahan dan pengoperasiannya pun sangatlah rumit.

Saat itu juga Ken Thompson yang salah seorang anggota group AT & T merancang game bersama Dennis Ritchie pada sebuah computer digital PDP-7.Yang cukup menarik disini adalah pemindahan source code yang ditulis dalam bahasa assembler menggunakan paper tape.

Dalam perkembangannya proses pemindahan game tadi,mereka telah meletakkan “command interpreter” dan sejumlah perintah dasar untuk mengkopi dan memindahkan file-file.

Selanjutnya awal tahun 1970,Brian Kerningham,seorang programmer lainnya dari AT & T mengusulkan nama “Unix” agar tidak jauh beda dengan Minix(peralatan untuk mengajarkan pemrograman).Dari situlah sebuah cikal bakal operating system bernama “Unix”

Selanjutnya tim ini ingin mengembangkan sistem Unix pada computer PD-11.PD-11 ini merupakan mesin yang cukup populer dan lebih tangguh dibandingkan dengan PDB-7,apalagi dengan harganya yang lebih murah.

Unix yang seluruh source codenya dibangun menggunakan bahasa C ini cukup memudahkan mereka dalam mengembangkannya,hingga dalam waktu singkat Unix mampu berkembang pesat,hingga terbentuk dua aliran yaitu : Unix yang dikembangkan Universitas Berkeley dan yang dikembangkan oleh AT & T.

Tidak berhenti pada saat itu saja,karena semakin banyak perusahaan yang ikut melibatkan diri dan terjadilah persaingan antar perusahaan untuk memegang control terhadap sistem operasi.Persaingan ini semakin besar meski IEEE(The Institute of Electrical and Electronics Engineers) telah memberikan spesifikasi standar Unix,dan varian Unix pun semakin banyak.

Source code Minix yang tercipta sebagai salah satu varian Unix dan dibuat oleh Andy S Tanembaum yang ditunjukkan untuk pendidikan inilah yang dikembangkan oleh Linus Torvalds.Dari pengembangan ini Linus Torvald membuat suatu sistem operasi yang dapat bekerja seperti Unix dalam computer 386.

Dalam pembuatan Linux,Linus memakai tool-tool dari Free Software Foundation yang berlicensi GNU.Agar sistem operasi yang baru dibuatnya utuh,Linus menambahkan program-program yang berlicensi GNU.Linux yang dibuat Linus sebagai hobi akhirnya membuahkan versi pertama Linux,yaitu Linux versi 0.0.1 dan mengalami perbaikan pada versi 0.02.

Selanjutnya Linux resmi diumumkan secara luas kepada public pada tanggal 5 Oktober 1991 dan Linus mwngumumkan source codenya.Rilis Linux pertama ini telam mampu menjalankan shell bash,GNU C compiler,GNU make,GNU sed,Compress

Ternyata setelah diumumkan ke public,Linux mendapatkan banyak perhatian,apalagi source-sourcenya juga diumumkan maka semakin banyak programmer dari seluruh dunia ikut berpartisipasi untuk mengembangkan sistem operasi Linux ini.Kelebihan yang dimiliki Linux ini tidak jauh berbeda dengan induknya Unix,bahkan pengembangan Linux cenderung lebih mudah.

Diumumkan source-code sistem operasi oleh Linus Trovalds inilah yang membuat warna baru untuk Linux,jadi jangan heran kalau Linux mempunyai banyak varian.Bisa dikatakan juga bahwa Linus Trovalds sangat berjasa bagi perkembangan dunia computer.

Hingga saat ini,telah tercipta ratusan distro Linux,dari yang paling sederhana hingga yang mempunyai tampilan melebihi Windows Vista.

0 comments: