Rabu, 16 Juni 2010

Telkomselku, Bersinergi Membangun Negeri


Rasanya baru kemarin, kita mengenal operator yang namanya Telkomsel. Tapi tanpa terasa, 15 tahun sudah dia menemani kita. Dia tumbuh dan berkembang di negeri yang pluralistik ini dengan keadaan ekonomi dan sosial masyarakat kita yang sangat beragam. Dan dalam 15 tahun ini pula, sejarah telah mencatat kebesaran Telkomsel sebagai perusahaan selular terbesar di Indonesia, yang menguasai hampir dari 55 % pasar selular di tanah air dengan lebih dari 82 juta pelanggannya.

Telkomsel, adalah sebuah perusahaan yang berbentuk PT, yang menyediakan jasa telekomunikasi selular jenis GSM, yakni jenis operator selular yang global di seluruh dunia. Pada saat kemunculannya, Telkomsel mengeluarkan Simpati sebagai kartu perdananya, dimana pada saat itu belum ada operator lain selain Telkomsel dan Simpatinya. Sejak saat itu, kita mulai mengalami perubahan  dalam bidang teknologi, tentunya teknologi komunikasi. Dari yang semula telepon kabel/telfon rumah, kita menjadi mengenal Handphone yang bisa dibawa kemana-mana, lebih praktis dan fleksibel.

Dalam perkembangannya, semakin banyak operator selular yang bermunculan. Tapi Telkomsel, selalu hadir dengan dunia lain yang penuh warna, dengan berbagai ide dan inovasinya untuk melahirkan hal-hal baru yang belum pernah ada. Teknologi LTE misalnya, adalah sebuah nama baru dari layanan yang mempunyai kemampuan tinggi dalam sistem komunikasi bergerak (mobile). LTE merupakan langkah menuju generasi ke-4 (4G) dari teknologi radio yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan telepon mobile. Teknologi LTE ( Long Term Evolution ) yang beberapa saat lalu baru muncul di Stockholm Swedia ini, sedianya akan
dikembangkan Telkomsel di Indonesia. Dengan Teknologi ini, pelanggan dapat menikmati kecepatan maksimum hingga 100Mb/detik dan lebih cepat 10 kali dari jaringan 3G yang ada. Pelanggan LTE dapat menikmati layanan mobile broadband secara terus-menerus, seperti high definition (HD) video conferencing dalam ruang lingkup mobile serta beragam program HD video, aplikasi-aplikasi yang tidak dapat dijalankan dalam jaringan 3G saat ini. Suatu perkembangan teknologi yang luar biasa, yang akan hadir di Indonesia oleh Telkomsel.

Telkomsel, berperan aktif juga dalam peningakatan keadaan ekonomi masyarakat kita. Tersedianya sarana telekomunikasi yang baik tentu saja akan meningkatkan kelancaran komunikasi antar penduduk yang dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat. Jika suatu daerah masih terisolir dari sarana telekomunikasi, maka akan dipandang sebagai daerah yang terbelakang. Menurut saya, pahlawan masa kini adalah pahlawan yang dapat melakukan sesuatu untuk negeri ini, terutama demi kemajuan Bangsa dan Negara. Salah satunya adalah menyatukan negeri yang terdiri dari berbagai pulau dan dipisahkan oleh laut, dan itu yang dilakukan oleh Telkomsel. Melayani masyarakat dan selalu memberikan yang terbaik.

Dengan simbolnya yang Begitu Dekat Begitu Nyata, Telkomsel tidak hanya memberikan kelancaran komunikasi yang dapat mempersatukan negeri, tapi kehadiran Telkomsel juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat. Dan secara otomatis memperluas peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan daya tarik investasi.Secara tidak langsung, pendapatan kita juga akan bertambah, dan keadaan ekonomi bangsa ini akan semakin terdongkrak.

Dalam dunia pendidikan, Telkomsel hadir dengan streaming dan internetnya. Hal ini akan semakin membuat siswa-siswi kita melek teknologi. Dengan video streaming, siswa-siswi kita akan lebih mudah menerima pelajaran, mungkin tidah harus bertatap muka, hanya lewat conference saja. Dan dengan Internet, para siswa akan semakin mudah untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran-pelajaran mereka yang mungkin belum mereka dapatkan didalam kelas.

Dalam usahanya untuk mengatasi kesenjangan komunikasi yang ada di negeri ini, Telkomsel juga hadir di daerah pelosok-pelosok guna menandai dimulainya era kebangkitan bangsa Indonesia dalam perjuangannya untuk merdeka dari keterisolasian komunikasi dan informasi sekaligus mempersatukan negeri dari Sabang sampai Merauke. Telkomsel juga menggelar USO ( Universal Services Obligation ) yakni penggelaran akses telekomunikasi dan informatika di 24.000 desa terpencil, serta pengembangan jaringan Telkomsel di daerah perbatasan negara.

Dalam pengabdiannya, Telkomsel banyak menggelar kegiatan-kegiatan yang bersifat umum dan sukarelawan. Mudik gratis misalnya, hal ini dapat kita nikmati hampir setiap tahun, terutama saat hari raya tiba. Masyarakat kita dimanjakan dengan fasilitas-fasititas yang begitu bagus dengan tanpa biaya apapun.

Bagi kita pengguna Telkomsel, kita juga akan disuguhi berbagai layanan yang begitu banyak dan update. Akhir-akhir ini, Telkomsel telah mengeluarkan layanan translate bahasa, yakni Telkomsel sms Translator. Sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk menterjemahkan bahasa Indonesia kedalam  lebih dari 50 bahasa di dunia, hanya dengan mengirimkan sms ke 4664. Yakni cukup dengan mengetik kode bahasa lalu diikuti dengan kata atau kalimat yang diinginkan,lalu kirim ke 4664. Selanjutnya kita akan menerima SMS kalimat tersebut yang sudah diterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan.

Sebagai pelopor selular di Indonesia, Telkomsel juga terus melakukan pembangunan BTS yang selaras dan berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan pelanggannya,yang semakin tahun semakin bertambah. BTS (Base Transceiver Station ) berfungsi untuk menangani radio interface ke terminal pelanggan dan melakukan routing voice atau data traffic dari dan ke switching. BTS berfungsi juga untuk menciptakan network interface ke BSC untuk pengiriman dan penerimaan voice atau data, serta menginformasikan alarms dan self-diagnostic routines untuk fault management. Tanpa adanya BTS, kita tidak akan dapat melakukan sebuah komunikasi / percakapan.

Sampai saat ini, Telkomsel telah membangun ribuan BTS di negeri ini, yang bisa mencakup hingga pelosok-pelosok tanah air. Seperti yang terjadi di tanah papua beberapa saat lalu misalnya, Telkomsel telah membangun BTS di manokwari, Papua dan menjadikan BTS ini BTS tertinggi di tanah Papua dengan tinggi sekitar 112 m. Selain itu, Telkomsel juga akan mengembangkan BTS dengan menggunakan solar cell, yakni dengan memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumbernya.hal ini dilakukan untuk mendukung efisiensi penggaunaan listrik, terutama di daerah-daerah terpencil yang yang kadang-kadang sulit untuk dijangkau oleh listrik. Terutama yang ada didaerah Sumatra, Kalimantan dan Papua. Selain solar cell yang bertenaga matahari. Telkomsel juga mengimplementasikan teknologi fuel cell dengan memanfaatkan bahan bakar hydrogen yang mempunyai beberapa keunggulan, seperti tidak menimbulkan kebisingan, karena tak terdapat komponen bergerak, serta tidak beracun dan berbau (pollutant).

Untuk masalah komunikasi di laut, Telkomsel telah mengimplementasikan teknologi GSM berbasis IP dengan konsep Remote Solution System dalam pemasangan infrastruktur BTS, yang telah dipasang di 15 di Kapal Motor milik Pelni. Pembangunannya pun cukup simple, yakni cukup meletakkan beberapa alat saja, seperti antena parabola, modem VSAT IP, pico BTS, solar cell sebagai power supply, jadi tidak usah membangun suatu BTS diatas kapal. Melalui teknologi ini, maka masyarakat sudah dapat menikmati kenyamanan berkomunikasi dari Sabang sampai Merauke melalui jalur yang dilalui 15 Kapal Pelni. Hal ini sudah dilakukan Telkomsel sejak tahun 2008 lalu, dan diharapkan akan terus berkembang, guna menyatukan wilayah nusantara yang kebanyakan wilayahnya adalah perairan.

Itulah, beberapa Inovasi yang telah Telkomsel lakukan selama kurun waktu 15 tahun terakhir. Selama 15 tahun itu pula, Telkomsel telah banyak menyumbangkan berbagai hal bagi kita, yang akan berdampak pada keadaan ekonomi, pendidikan yang kesemuanya itu dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat kita. Dalam ultahnya yang ke-15 tahun, semoga Telkomsel tetap menjadi yang terdepan, dan bisa lebih mengembangkan teknologi selularnya guna membuat lebih makmur. Tak hanya makmur masyarakatnya, tapi juga Bangsa dan Negara kita.






4 comments:

wahyumedia mengatakan...

Majulah terus Telkomsel..!!

Anonim mengatakan...

Semoga di ultahnya ke-15,Telkomsel tambah jaya..memang kita membutuhkan kualitas..

r4tn4nop mengatakan...

Sebagai salah satu pelanggan telkomsel, telkomsel mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dengan sinyal kuat, suara jernih dan jarang trouble. Inovasi-inovasi produk serta layanan dari telkomsel, ditunggu untuk membangun negeri ini.

Anonim mengatakan...

bravo yuu........ gunakan imajinasimu... jangan kayak aku yang hanya bisa molor saja, hehehe