Jumat, 07 Januari 2011

SIAPA BILANG MASAKAN JEPANG MAHAL??

Berbicara soal makanan, tentu akan terbayang makanan-makanan kesukaan kita dengan tempat dan harga yang nyaman di kantong kita. Kenapa?? Bagi sebagian orang, tentu akan makan dengan makanan yang sesuai dengan kantong mereka, apakah membuat kantong mereka bolong, menghabiskan duwit maksudnya, atau murah tapi tidak enak. Semua itu akan menjadi pertimbangan bagi mereka pecinta kuliner.

Untuk masakan Indonesia sendiri, mungkin harganya masih relative murah. Jenis-jenis masakannya pun tidak akan jauh dari makanan sehari-hari kita. Lalu bagaimana dengan masakan asing?? Masakan Jepang misalnya. Disini, masakan Jepang dikenal dengan harganya yang selangit. Lalu, apakah dengan harganya yang selangit itu kita tidak bisa mencicipinya?? Tenang kawan-kawan..Bahwa disini, di Surabaya ini,saya menemukan masakan Jepang yang murah. Dimana itu??

Adalah sebuah cafe kecil di kawasan mulyosari, tepatnya di Jl mulyosari no 360 Sby. Menurut saya, tempat itu lebih condong ke rumah makan kecil, bukan café. Mungkin namanya saja ya, yang cafe? Sinchan cafe namanya.

Menyediakan berbagai masakan khas Jepang dengan harga yang terjangkau. Hmm..ngomong-ngomong doyan nggak ni sama masakan jepang..?? Walaupun kagak doyan, tapi tidak ada salahnya kan..untuk kita coba. Saya sendiri mencoba mampir,bersama dua orang teman saya.Teman yang begitu gila kuliner makanan.
  
Setelah kita muter-muter, akhirnya kita nyampek ditempat itu. Begitu kita masuk, kita langsung disodori menu makanannya. Pas saya lihat..hmm..”mau pesen menu yang mana ya ?”. Saya bingung, karena saya tidak mengerti jenis-jenis makanannya. Tapi paling tidak disitu dibantu dengan gambar, walaupun tidak semuanya ada.

Akhirnya kita pesen :
  1. California maki, yang isisnya adalah avocado, crab stick, kyuri dan tamag.
  2. Chicken katsudon (campuran antara chicken katsu, nasi dan telur )
  3. Dragon roll (ada udang tepung, avocado+saos teriyaki)
  4. Miso rameen ( campuran mie dengan berbagai sayuran )
Dari kiri : California maki, Chicken Katsudon, Dragon roll
Rasa penasaranpun hilang, ketika seorang pelayan mulai mengantarkan pesanan ke meja kami. Begitu makanan datang, kita mencicipi Chicken Katsudon,..hmm..lumayan enak, sedikit hambar dan asin, gurih. Lumayan ,untuk santap malam.  Bagaimana dengan California Maki? Berbentuk nasi yang dikempal padat, yang didalamnya ada telur dadar, timun dan dibalut dengan rumput laut. Anda penasaran??

Masalah harga, tidak usah kuatir. Saat kita meminta bon pembayaran, disitu hanya tertulis Rp 70.500,00 Bagaimana, cukup murah bukan untuk 4 macam makanan ala Jepang??

2 comments:

Gigih's Blog mengatakan...

wah, 70 ribu iku mahal mas =_=

wahyumedia mengatakan...

Kan itu buat 3 orang...pesen 4 porsi kita...masih lumayan murah, dibandingin restoran-restoran Jepang itu..hehe