Jumat, 01 April 2011

BANJIR, AWAS MACETT!!!

Musim yang tidak menentu membuat kita semakin bingung untuk memprediksi kondisi cuaca di suatu daerah tertentu.Terutama saat kita mau keluar kota misalnya. Kita bisa saja terjebak banjir disuatu daerah yang akan kita lewati atau yang akan kita tuju.

Seperti yang saya alami kemarin. Saat mau berangkat ke Tuban dan Bojonegoro, kami terjebak macet karena terjadi banjir. Tepatnya di daerah duduk sampean Gresik.Kita harus rela mengantri untuk melewati jalan yang terkena banjir sekitar 30-40 menit karena mobil harus bergantian untuk melewatinya. Hal ini karena, curah hujan yang tinggi dengan daerahnya yang tidak diimbangi dengan system pembuangan air yang bagus. Kita tahu, bahwa daerah ini daerah tambak.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, semua kendaraan harus rela mengantri, untuk melewati jalan tersebut, karena jalan tersebut adalah salah satu jalan utama menuju Tuban dan bojonegoro melalui jalur tengah.

Sebenarnya ada alternative lain selain jalan itu, yakni lewat jalur utara. Tapi saat mau berangkat, ada informasi dari salah satu radio ternama yang ada di kota Surabaya, bahwa jalan tersebut juga macet karena ada perbaikan jalan.akhirnya kita nekat melewati jalan yang melewati daerah banjir di daeah Duduk sampeyan.

Lalu, adakah solusi untuk ini??? Kalau kita pikir, sebenarnya banjir seperti ini sudah bisa kita prediksi tiap tahunnya. Apalagi di daerah-daerah yang memiliki kontur tanah yang rendah seperi daerah Duduk sampeyan ini. Menurut saya, hal seperti ini bisa kita atasi dengan suatu solusi yang tepat dari pemerintah. Mungkin kita bisa membuatkan sungai buatan yang akan mengalirkan airnya ke laut, atau mengeruk sungi-sungai yang sudah mendangkal lalu meninggikan jalannya.

Semoga pemerintah kita peduli akan semua ini.

0 comments: