Minggu, 17 April 2011

PC TERKENA VIRUSS?? MEMANG MENYEBALKAN

Beberapa notifikasi yang muncul
Komputer dan internet, memang tak akan jauh dari yang namanya virus. Sesuatu yang tidak terlihat tapi dampaknya bisa fatal. Mungkin bisa merusak computer atau pc kita, bisa merusak file kita, atau bahkan bisa menggangu aktifitas kita saat kita online.

Seperti yang saya alami kali ini misalnya. Saya terkena virus yang memungkinkan saya untuk tidak bisa browsing di dunia maya, internet. Karena virus tersebut mem-block browser saya, jadi ketika saya membuka browser, otomatis akan keluar notifikasi atau pesan-pesan yang dikeluarkan oleh virus tersebut.

Berawal dari online, membuka beberapa situs yang sering saya buka, seperti yahoomail, dan facebook. Tiba-tiba ada yang aneh. Saat saya meng-klik sesuatu yang berbentuk gambar, terdengar suara bayi yang sedang menangis. Dan tiba-tiba..pettt…langsung keluar dari browser Mozilla yang saat itu sedang aktif.

Saya mencoba untuk membukanya kembali, dan apa yang terjadi?? adalah beberapa notifikasi yang memenuhi layar monitor laptop saya. Hmm….apa yang terjadi dengan laptopku???
Baru sadar, bahwa laptopku terkena virus. Dia menyamar sebagai system security dari windows, dan meminta registrasi. Disitu juga muncul pesan bahwa computer terkena spyware dari IP sekian-sekian. Lihatlah pesan notifikasi yang ada di gambar diatas, parah. Banyak notifikasi yang muncul secara bersamaan.

Lalu, apa yang saya lakukan?? Saya mencoba untuk men-scan computer saya ini, bahkan dengan dua antivirus sekaligus, yakni NOD dan Smadav. Dan hasilnya adalah benar, ditemukan banyak virus, terutama di dalam system C.

Selama satu , dua kali pembersihan, saya masih belum bisa membuka sebuah browser untuk browsing lagi. Baru setelah lebih dari 5 kali, saya bisa membuka browser dan browsing ke dalam dunia maya, internet. Alhamdulillah, walaupun masih agak lemot, tapi setidaknya sudah bisa digunakan untuk ngepost artikel ini. Sampai sekarangpun, saya masih melakukan pembersihan virus tersebut.

Jadi bagi kalian yang sering berkecimpung di dunia Internet, kalian bisa lebih berhati-hati dan jangan membuka alamat-alamat yang tidak jelas, karena hal tersebut sangat rentan terhadap penyusupan suatu virus

2 comments:

Miftah Farid mengatakan...

Sama om,,,


Aku juga mengandalkan Nod,

Tapi kalo dah ketemu ama virus yang membuat semua .exe di windows sebagai virus,,
aku langsung Disable Antivirus ini,

Jadi aku mlah terbiasa gak make antivirus sekarang.

Karena untuk belajar pemrograman seperti Delphi, gak bakalan bisa kalo ada antivirusnya..
he he



Salam kenal Om,,

wahyumedia mengatakan...

O gitu...tapi saya tidak masalah itu mas, pake Nod tapi juga menggunakan Delphi...hmm..jadi disitu terdeksi sebagai virus ya?? ohh, iya mas..salam kenal juga... :)