Selasa, 10 Mei 2011

Radio Jadul Alias Jaman Dulu

Tahukah kalian dengan gambar yang ada disamping tersebut?? Gambar tersebut adalah gambar radio. Benarkah itu gambar radio?? Yup, itu adalah radio. Radio pada masa dahulu. Mungkin kalian masih ingat, dengan radio yang terdapat pada gambar tersebut. Atau mungkin temen-temen pernah melihatnya saat berkunjung ke rumah kakek atau buyut temen-temen mungkin?

Seperti yang saya alami kemarin pada hari minggu, 8 Mei 2011. Saya mengunjungi rumah kakek saya yang berjarak sekitar 6 km dari rumah saya, rumah yang ada di desa dengan suasanya desanya yang sangat khas. Tidak kusangka, saya melihat barang unik tersebut di ruang tamu. Yaa, radio jadul, alias jaman dulu. Langsung saja saya ambil gambarnya, walaupun memakai camera hp.

Dan tahu tidak, ternyata radio tersebut masih berfungsi dengan baik, dan masih sering digunakan oleh kakek saya untuk mendengarkan acara-acara yang ada di radio, walaupun dengan suara yang yang jelas kalah bagus dengan radio-radio jaman sekarang seperti Sony atau Kenwood.

Apakah sekarang masih dijunmpai??Tentu saja. Sekarang kita semua masih bisa menjumpainya di toko-toko tertentu. Tapi mungkin, radio yang kita jumpai itu adalah radio radio dengan tahun buatan yang relative masih baru, hanya saja dibuat dengan model lama. Tapi kalau radio yang saya temukan di rumah kakekku ini adalah radio yang bener-bener kuno.

Hmm..bentuknya antik, dan hanya ada tombol / puteran on off, volume dan puteran untuk memindahkan gelombang. Sungguh radio jadul yang lucu dan unik.

6 comments:

al4mien mengatakan...

sek tuwek an seng model kayu... modele koyok lemari, hehe

wahyumedia mengatakan...

Amin : Hehe..iya Min, ada banyak model juga..yang ini juga termasuk tua :)

MaMa AiNi mengatakan...

kalau di m`sia...radio itu mahal harganya..barangan antik !!!..salam kenal dari mama..n mama follow u, nice entry!!!

wahyumedia mengatakan...

Amin : Hehehe...iyo Min, tapi ki yo tuwek...
Mama Aini : Ohh, gitu ya...itu emang barang antik, disini juga...

Anonim mengatakan...

etisalat juga bisa ya diaplikasikan pake telkomsel...

MobineSSia mengatakan...

Maaf mengecewakan. Tapi sepertinya radio itu bukan radio jadul. Panasonic RL-4249 MK3 adalah radio modern dgn desain jadul, merupakan produk retro dari produk sukses mereka jaman dahulu National Intelics.
Kalau yg jadul berciri; msh menggunakan label National bukan Panasonic, kemudian gelombang nya hanya MW & SW. Belum ada FM.

Kalau yg dilatar belakang itu baru benar orang jadul :) hehe.. piss