Kamis, 13 Oktober 2011

MASALAH DAN SOLUSINYA

Di dalam hidup, kita pasti akan menerima suatu permasalahan. Entah itu yang datangnya dari dalam atau pun yang dari luar. Dari dalam seperti keinginan kita yang belum tercapai, emosional kita atau bisa juga dari kehidupan pribadi kita seperti keluarga.

Dari luar, seperti masalah yang berasal dari kehidupan sosial kita yang mungkin melibatkan orang-orang yang ada di ruang lingkup kita dalam berinteraksi seperti misalnya kampus, kantor, atau pun tempat-tempat lain seperi tempat main kita, dan masih banyak lagi ruang-ruang lingkup yang  akan menimbulkan suatu problematika bagi kita.

Hal tersebut tentu sangat menggangu kita dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari.  Pikiran menjadi tidak konsentrasi, tidak fokus terhadap hal-hal yang seharusnya membutuhkan konsentrasi yang lebih. Tentu hal ini sangat menggangu.

Lau bagaimanakan solusinya?? Solusi tercipta karena adanya pemikiran untuk menyelesaikan suatu masalah. Dan masalah diciptakan memang untuk disolusikan. Jadi kita tidak usah terlalu kuatir untuk mencari jalan keluarnya. Tinggal mempersiapkan diri kita saja untuk menghadapi masalah itu, berfikir, lalu mencari jalan keluarnya.

Mungkin kita bisa menganalisanya terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk menjari satu jalan keluar. Selanjutnya tinggal mengatur keberanian dan sikap kita untuk maju membasmi masalah itu. Kadang-kadang seseorang akan cenderung akan menghindar, lari atau bahkan diam, terhadap masalah yang timbul. Tapi alangkah baiknya kita menghadapinya secra tegas dan berani, tentu dengan berpedoman kepada aturan-aturan yang ada.

Memang suatu masalah akan membuat kita capek, pusing,  dan kadang menghilangkan semangat kita untuk terus berkarya. Tapi dengan masalah pula, kita akan merasa kuat, tahan banting, yang selanjutnya akan membuat kita bisa menjadi lebih baik. Dengan benturan-benturan itu pula, jiwa kita akan semakin kokoh, karena kita percaya, kita pasti bisa menyelesaikannya.

Bandingkan saja, dengan mereka yang mungkin tingkat masalahnya berbeda sama kita, atau justru berbanding jauh, mungkin kita bisa lihat tingkat kedewasaannya, sikapnya, atau cara-cara dia menghadapi suatu persoalan, disitu akan terlihat bagaimana tingkat pemikiran kita terhadap sesuatu hal yang berada diluar dugaan kita, dalam hal ini adalah masalah. Jadi, berterima kasihlah terhadap masalah. Dia akan membuat kita menjadi semakin kuat dan tangguh, yang penting adalah, TETAP SEMANGATT!!!!!

0 comments: