Selasa, 10 Januari 2012

ALUN-ALUN KIDUL DENGAN MITOS POHON BERINGINNYA

Alun-alun Kidul Yogyakarta
Berkunjung ke Jogjakarta, rasanya kurang lengkap kalau tidak mampir ke alun-alun kidul atau yang sering kita sebut dengan alkid. Terletak di sebelah selatan dari kraton Yogjakarta, alun-alun ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Terlebih lagi, di alun-alun itu terdapat mitos yang berkembang di masyarakat. Yakni mitos seputar dua pohon beringin besar yang berdiri berdampingan.

Dua pohon beringin tersebut memang berdiri berdampingan yang membentuk seperti pintu di tengahnya. Barangsiapa yang bisa melewati atau atau bisa tembus diantara dua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, maka hati kita sudah bersih, atau sudah semakin dekat jodoh kita. Itulah yang dikatakan oleh mbok Boniyem, seorang penunggu atau juru kunci alun-alun kidul yang mengaku sebagai salah satu abdi dalem keraton.

Saya sendiri sempat mencobanya. Mata saya ditutup dengan menggunakan kain dan berdiri lurus diantara dua pohon beringin yang berjarak kurang lebih 100 meter dari kaki saya berdiri. Saya mulai berjalan, dan apa yang terjadi? Saya masih belum berhasil menembus dua pohon beringin yang konon dijaga oleh seorang ratu tersebut.

Mbok Boniyem kembali menjelaskan, ratu yang menjaga pohon tersebut ialah ratu inten. Tapi bagi seseorang yang belum berhasil menembus dua pohon tersebut tidak usah merasa kuatir dan berkecil hati, karena semuanya bergantung dari yang diatas yakni Tuhan Yang Maha Esa. Dia juga mendoakan bagi para pengunjung supaya terhibur dengan hiburan yang bernuansa mitos ini.

Mainan seperti itu, yakni mainan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup tersebut sudah mulai ada sejak jaman dahulu dengan beberapa kerabat kraton yang memainkannya. Tetapi hingga saat ini, permainan itu terus berkembang dan tersebar luas di kalangan masyarakat.

5 comments:

Thommy AluDiN bAhaR mengatakan...

mungkin hal ini bisa dibahas pada sisi fisika n anatomi manusia. orang yang ditutup matanya, akan berpengaruh pada saraf otak.

nah mungkin orang kedokteran yang bisa lebih menjelaskan lebih detil.

wahyumedia mengatakan...

@Thommy Alaudin Bahar : Benar juga si Tom, seberapa kuat otak kita bekerja dalam kondisi mata kita tertutup.

Anonim mengatakan...

kalo gak salah ini namanya "masangin" ya..

wahyumedia mengatakan...

@ Anonim : maaf, anamnya apa ya??

Djsandroe Corp mengatakan...

Ketika Melewati Pohon Tersebut rasanya masuk ke sebuah lorong/goa/pintu masuk.. Pengalaman yang mengasikkan.. :)