Kamis, 09 Februari 2012

PESONA ALAM KETEP PASS

(Puncak) Ketep Pass
Ketep pass adalah sebuah objek pariwisata yang terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Terletak di kaki gunung Merapi, objek wisata ini cukup ramai dikunjungi, terutama hari minggu atau hari libur nasional. Objek wisata ini, adalah objek wisata yang digunakan untuk pemantauan aktivitas merapi yang juga difungsikan sebagai tempat wisata. Dari sini, kita bisa menikmati keindahan puncak merapi yang dapat kita saksikan dengan mata telanjang karena posisinya yang hanya berjarak 9 km jika ditarik garis lurus dari puncak merapi.

Fasilitas yang begitu lengkap, akan membuat kita sebagai pengunjung menjadi semakin tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Fasilitas itu berupa teropong, yang bisa kita nikmati selama 3 menit hanya dengan biaya sebesar Rp 3.000. Bisa juga menikmati film dokumenter tentang erupsi merapi tahun 2010 yang sangat menggemparkan itu. Hanya dengan membayar Rp 7.000 saja per orang, kita bisa menikmati film documenter erupsi merapi tersebut selama lebih kurang 22 menit.

Udara yang semilir sejuk, akan menambah suasana segar hati dan pikiran kita. Ditambah dengan aroma jagung bakar yang mulai menyengat, akan membuat hati kita tergoda untuk sedikit mencicipi jajanan yang mendominasi wisata ini. Kondisi puncak yang cenderung dingin, terutama saat hujan, akan membuat pori-pori kita menciut, menyimpan air keringat dan akan mengeluarkannya melalui jalur lain, toilet menjadi sangat berguna disini. Tapi kita tidak usah kuatir. Kondisi toilet yang ada disini relative bersih, dengan penjaganya yang cukup ramah.

Carter Angkot (bersama pak sopir)
Lalu, bagaimana kita bisa mencapai lokasi ini? Karena lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota, lokasi wisata ini hanya bisa diakses kendaraan-kendaraan umum tertentu, kecuali kalau kita menggunakan kendaraan pribadi. Saat itu saya dari Jogjakarta, jadi saya menggunakan bis jurusan Jogja-Magelang. Dari situ, kita bisa turun pertigaan Blabak. Disitu sudah banyak angkot yang akan membawa kita untuk naik ke ketep pass. Berdasarkan informasi, setelah kita naik angkot dari pertigaan Blabak tersebut, kita akan diturunkan di daerah sawangan. Nahh, dari situ ada ojek atau angkot lagi yang akan membawa kita ke lokasi ketep pass.

Jika tidak mau ribet dengan berpindah-pindah angkot atau ojek, kita bisa menyewa angkot untuk mengantarkan kita langsung menuju puncak ketep pass seperti yang saya lakukan kemarin. Bis jurusan Jogja-Magelang yang saya tumpangi menurunkan saya dan mengoperkannya ke angkot sebelum saya sampai di pertigaan Blabak. Dari situ saya ngobrol, dan akhirnya pak sopir menawarkan untuk mengantarkan saya sampai ke lokasi. Setelah negosiasi harga, kita pun setuju dan sepakat dengan harga Rp 75.000 pulang pergi.

Jadi, saat saya di lokasi wisata, angkot itupun menunggu kita. Dan akhirnya kita turun dan diantarkan ke terminal muntilan, karena saya harus kembali ke Jogja. Jadi untuk kalian yang mau kesana, kalau tidak mau ribet dengan angkutan, kalian juga bisa melakukan seperti yang saya lakukan tadi, yakni mencarter angkot. Dengan begitu kalian akan lebih mudah dan tidak perlu khawatir dengan perjalanan kalian, tentunya setelah negosiasi harga.

3 comments:

Wulan Eka Dalu mengatakan...

woo yg versi semeru ada juga nih, di Gunung Sawur :)

Ayu Agitasari mengatakan...

Siip..

wahyumedia mengatakan...

@ Wulan Eka Dalu : o gitu ya?hehehe..iya mbak, kalau ini untuk melihat aktifitas Merapi... :)
@ Ayu Agitasari : iya Yu..bagus...dan pas nggak ketutup awan juga....