Kamis, 26 Agustus 2010

Ulang Tahun & Dan Pesta Kematian


Setiap manusia yang ada di bumi ini tentunya akan mengalami yang namanya ulang tahun. Ulang tahun adalah sebuah tanggal yang sama yang terjadi setiap tahun.  Banyak yang mengganggap moment ini sebagai salah satu moment yang paling menyenangkan yang mereka alami setiap tahunnya.
Sekarang kita liat, banyak dari mereka, anak-anak muda khususnya,  yang merayakannya dengan berbagai macam aktivitas yang mereka anggap menyenangkan bagi mereka. Dan kadang-kadang, mereka tidak sadar bahwa yang mereka lakukan adalah sebuah pesta. Sebuah pesta kematian yang akan melupakan mereka kepada kehidupan selanjutnya yang lebih kekal  karena mereka akan semakin dekat dengan yang namanya kematian. Sebuah pertambahan usia yang tidak mereka sadari yang akan membawa mereka selangkah lebih tua.
Mereka melupakan pertambahan usia mereka, melupakan perbuatan-perbuatan yang telah mereka lakukan selama setahun dibelakang.  Tapi justru banyak diantara mereka yang merayakannya dengan minum-minum, hura-hura. Hura-hura dengan tidak jelas arah dan tujuan mereka yang kadang justru menghabiskan banyak uang mereka dengan sesuatu hal yang tidak karuan. Itulah yang namanya pesta kematian.
Makan dengan teman, atau dengan kelurga adalah satu hal yang wajar bagi kita saat kita merayakan hari ulang tahun. Tapi yang tidak boleh salah adalah, bahwa itu bukan cara kita bersenang-senang terhadap pertambahan usia kita. Tapi sebagai bahan renungan dan sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan YME karena sampai saat itu pula kita masih diberi nafas untuk hidup. Tentunya kita harus selalu berharap dan berdoa untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi setelahnya. Termasuk doa-doa atau ucapan-ucapan yang datang dari rekan-rekan kita. Amiinnn….

2 comments:

Anonim mengatakan...

ya..hari kelahiran....
atau dikenal dengan ulang tahum..
ya fenomena sekarang ultah identik dengan hura-hura...
ya seharusnya emang hari kelahiran itu untuk refleksi diri...merneungkan..apa yang sudah kita lakukan...apa yang salah..apa yang harus diperbaiki...untuk hidup yang lebih baek...
tidak dengna hura2.....
ya moga aza kita tidak seperti mereka...moga aza ada getaran hati yang dapat mengingatkan..bahwa ada kelahiran....kehidupan dan kematian....

wahyumedia mengatakan...

Semoga aja kita lebih bisa memaknai arti daripada ulang tahun..amiinnn