Senin, 23 Agustus 2010

LIDAHMU, BISA LEBIH TAJAM DARI PEDANG


Lati iku landep, mongko yen ngomong sak ngomong, kudu setiti lan ngati-ngati

Ya..mungkin itulah beberapa kata yang sering kita dengar dari bibir-bibir orang tua kita. Dari mulut para kakek-kakek kita yang memberi petuah kita supaya kita lebih berhati-hati saat kita berbicara dengan orang lain.
Kata diatas artinya adalah, Lidah itu tajam, maka kalau mau ngomong harus hati-hati. Jadi kita disarankan untuk berhati-hati dan tidak sembrono kalau kita ngomong dengan orang lain, entah itu teman main kita, tetangga kita, atau siapapun. Karena salah ngomong sedikit saja bisa berakibat fatal kalau kita sampai menyinggung perasaannya. Dan itu yang paling sulit. Bagaimana caranya kata-kata kita itu bisa enak didengar tanpa harus menyakiti perasaannya.
Kita bisa ngobrol atau bicara dengan siapa saja. Tapi ingat, bahwa kata-kata kita harus berada pada jalurnya. Kita boleh tidak suka atau tidak setuju dengan pendapat atau perkataannya, Tapi sebaiknya kita bisa menyadarinya, bahwa manusia itu berbeda-beda dan memang tiada yang sempurna.
Kita bisa menyakiti orang lain, atau secara tidak sengaja menyakitinya. Dengan pisau misalkan. Mungkin akan terluka satu atau dua hari saja, lalu akan sembuh. Atau kita mencubitnya misalnya, mungkin akan terasa sakit satu atau dua hari saja, lalu akan sembuh. Tapi kalau kita menyakitinya dengan lidah kita, baik sengaja ataupun tidak, mungkin akan sulit dia melupakannya. Walau seumur hidupnya, mungkin masih akan ingat. Jadi berhati-hatilah saat kita ngomong. Jangn sampai kita menyinggungnya atau menyakitinya perasaannya.Semoga kita termasuk orang-orang yang baik, yang selalu bisa berfikir apakah benar perkataan yang telah kita ucapkan kepada orang lain..Amiiinnn……..

5 comments:

wulanekadalu mengatakan...

kalau kayak gini mending diem ya, diam adalah emas :D

wahyumedia mengatakan...

Hmmm..betul betul betul..

wahyumedia mengatakan...

Hmmm..betul betul betul..

Anonim mengatakan...

perkataan..tu bagaikan menancapkan paku..dikayu....jika dicabut akan meninggalkan beksa...sama seperti kita berkata yang menyakitkan orang...kadang kita udah lupa dengna apa yang kita ucapkan..tapi orang lain masih tetap sakit...dengan apa yang telah kita ucapkan...

wahyumedia mengatakan...

Semoga kita lebih bisa berhati-hati untuk berbocara..