Selasa, 17 Agustus 2010

Wahai Negeriku, Sudahkah Kau Memerdekakan Aku???



Hari ini, 17 Agustus 2010 adalah peringatan hari kemerdekaan Negeriku, Indonesia. Tepat pada hari ini Indonesia telah merdeka selama 65 tahun.  Adalah perjuangan yang sangat berat, untuk mencapai Indonesia pada hari ini, hari kemerdekaan dari yang sebelumnya terjajah selama hampir 3,5 abad. Bukan waktu yang singkat teman.
Mungkin bisa kita saksikan para kakek-kakek atau buyut kita yang telah merelakan harta dan nyawanya untuk melihat anak cucunya berdiri di bawah kibaran bendera sang saka merah putih sambil menyanyikan lagu, Indonesia Raya dengan mengangkat tangan kanan di atas pelipis mereka, yang artinya Indonesia telah merdeka. Kita bebas dari sang penjajah
Itu adalah bangsa kita yang merdeka, Indonesia. Apakah semuanya juga sudah ikut merdeka? Ada banyak hal yang masih kita lupakan di era kemerdekaan ini, yakni para pahlawan kita. Para pahlawan yang sekarang telah renta dengan otot-otot yang masih menyisakan sedikit tenaga untuk menikmati kemerdekaan ini. Tak urung jua, kadang-kadang mereka masih harus mencari makan, mengais rejeki seadanya untuk meneruskan hidup mereka. Dimana pemerintah, dimana jiwa sosial kita yang katanya, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Tapi kenyataan tak terlihat seperti itu.
Banyak kita dengar para sesepuh, atau orang-orang mantan pejuang yang ada di sekitar kita yang dulunya pernah mengorbankan jiwanya untuk bangsa, tapi kita bisa lihat kehidupannya. Kehidupan yang pas-pasan yang kadang jauh dari kata kecukupan. Sungguh malang nasibnya. Sementara banyak anak-anak muda sekarang, berhura-hura dengan kesenangan mereka tanpa memperhatikan, tanpa merasakan mati untuk sebuah kain dua warna, merah putih.
Wahai pahlawanku, kaulah pahlawan sebenarnya. Bersabarlah. Saat ini, mungkin tidak ada yang peduli  kepadamu, tapi Tuhan tahu bahwa kau yang telah benar-benar berani mengorbankan nyawamu demi sebuah upacara bendera di hari 17 Agustus. Ya..demi kemerdekaan Bangsa ini, Indonesia.

5 comments:

wulanekadalu mengatakan...

pengen nangis liat potonya, dapet drmn yu?

wahyumedia mengatakan...

Hehehe..ada dehh...kasihan banget ya ngliatnya..inikah sosok sebuah Negeri yang telah merdeka???

Ahmad Saiful Fuad mengatakan...

Pejuang kemerdekaan yang terabaikan. mungkin baginya kondisi seperti itu sudah dianggap biasa karena sudah terbiasa. terbisa berjuang dalam kesengsaraan. mungkin juga dalam hati kecilnya terselip kata tidak adil, meronta kpd negeri ini, kitapun tidak tahu. Yang jelas seharusnya kita bisa lebih menghargai jasa para pahlawan yg telah mengantar kita kpd era merdeka terlebih lagi menghormati dan menghargai para pahlawan yang masih hidup...

Anonim mengatakan...

Good dispatch and this post helped me alot in my college assignement. Gratefulness you for your information.

wahyumedia mengatakan...

Okay, you're welcome